MATRIK 1.2 (SISTEM OTOMASI LISTRIK) MONITORING DAN PENGAMAN SUMBER ENERGI LISTRIK DI RUMAH TINGGAL BERBASIS IoT (Internet of Things)

Authors

  • Zidan Halim SMKN 1 Paringin
  • Muhammad Idi Jurdan SMKN 1 Paringin
  • Ziddan Heriansyah SMKN 1 Paringin
  • Izuddin Syarif SMKN 1 Paringin

Keywords:

Listrik, Monitoring, Research and Development, Standar Deviasi, Whatsapp

Abstract

Energi listrik sudah menjadi salah satu komponen vital dalam kehidupan. Hampir semua aktivitas keseharian sekarang memerlukan listrik, salah satunya di rumah tinggal. Biasanya penggunaan listrik di rumah terbilang cukup banyak karena penggunaan listrik pada perangkat elektronik rumah tangga. Namun, karena banyaknya alat yang dipakai, pemilik rumah kadang lupa bahwa alatnya masih bekerja ketika pergi keluar rumah. Hal ini tentunya merugikan pemilik karena terjadi pemborosan listrik. Disisi lain bisa menimbulkan bahaya korsleting listrik karena alat terlalu lama dipakai. Pengembangan dilakukan dengan mengganti aplikasi Blynk yang jarang diketahui menjadi aplikasi WhatsApp yang sering dan mudah digunakan banyak orang. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan membuat sistem yang mampu: (1) Memonitor jumlah penggunaan arus listrik pada rumah; (2) Memberikan alarm peringatan; (3) Mematikan dan menyalakan kelistrikan yang ada di rumah dari jarak jauh. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) model ADDIE dengan tahapan:

(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Tahapan validasi desain dan fungsi alat dilakukan oleh ahli seorang guru dengan latar belakang Teknik Elektronika Industri. Sementara pengujian menggunakan standar deviasi untuk mengukur akurasi alat. Penelitian dilaksanakan pada 5 Februari sampai dengan 26 Maret 2023. Perancangan alat dilakukan di Bengkel Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Paringin. Hasil dari penelitian ini adalah sistem akurat (1) memonitor jumlah penggunaan arus listrik pada rumah melalui aplikasi Whatsapp dengan standar deviasi 0,23; (2) memberikan alarm peringatan dengan standar deviasi 0,19; (3) mampu mematikan dan menyalakan kelistrikan yang ada di rumah melalui aplikasi Whatsapp dengan standar deviasi 0,53. Secara umum alat memiliki kinerja yang akurat sesuai fungsinya dengan rerata standar deviasi 0,32.

Published

2024-06-08