Perahu Elektronik Non BBM

Authors

  • Ivan Amirul Khakim SMKN 1 Sidoarjo
  • Nindia Ananta Zalfa Wijaya SMKN 1 Sidoarjo
  • Afin Novianto SMKN 1 Sidoarjo

Keywords:

Inverter/UPS, controlling, Alternatif Pengganti BBM

Abstract

Perahu konvensional adalah suatu alat tansportasi yang digunakan untuk menjelajah daerah perairan menggunakan mesin diesel sebagai alat kemudinya.     Perahu     dimanfaatkan     oleh     para nelayan    sebagai    sarana guna    mencari    ikan    di    laut/pantai.    Perahu Elektronik  Non  BBM adalah sebuah alat kemudi perahu yang menggunakan motor listrik dan rangkaian pengubah daya (inverter) dari  sumber  tegangan  accumulator/accu  12  volt  DC menjadi 220 volt AC berfungsi sebagai pengganti mesin diesel yang biasa digunakan sebagai kemudi perahu.

Peralatan ini menggunakan beberapa rangkaian elektronik seperti Inverter/UPS, pengator daya, pengontrol accu dan motor listrik beserta gearbox yang dirangkai secara terpadu yang akan memutar baling-baling kemudi perahu yang akan digunakan para nelayan.

Tujuan     pembuatan     Perahu     Elektronik     Non     BBM     ini     adalah sebagai jawaban keresahan para nelayan akan semakin sulit dan mahalnya harga  BBM  dimasa  sekarang  dan  mendatang.  Disamping  itu sebagai teknologi alternatif pengganti BBM yang hemat dan ramah lingkungan.

 

Published

2024-06-03