“SEAFERS” – GAME EDUKASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMARITIMAN INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI FILTER INSTAGRAM
Keywords:
Augmented Reality, Digital, Energi, Maritim, TeknologiAbstract
Sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan alam bawah laut yang sangat besar. Berbagai biota laut hidup dan berkembang di perairan Nusantara ini. Begitupun dengan potensi energi dari sumber daya alam bawah laut Indonesia. Namun, pengetahuan mengenai kondisi kemaritiman itu masih sangat kurang. Hal ini terkait dengan lemahnya pendidikan kemaritiman di Indonesia, yang hingga saat ini belum ada metode maupun media yang memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan sistem kemaritiman. Padahal penerapan pembelajaran kemaritiman harusnya diawali dari usia dini agar dapat optimal, sehingga edukasi kemaritiman sejak dini sangat diperlukan demi terciptanya regenerasi yang berbasis SDM pada maritim.
Di sisi lain perkembangan teknologi di era digital dan informasi tanpa batas ruang dan waktu, salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, karena memiliki banyak fitur menarik, salah satunya adalah filter Instagram. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi yang sangat efektif. Atas dasar itulah, maka peneliti tertarik membuat “SEAFERS” – Game edukasi dan media pembelajaran kemaritiman berbasis augmented reality dengan filter Instagram yang bertujuan menjadi sarana sosialisasi potensi energi maritim Indonesia dengan cara yang menarik dan inovatif. Berdasarkan hasil penelitian inovasi game SEAFERS pada filter instagram terbukti dapat digunakan sebagai media pembelajaran game edukasi serta game SEAFERS terbukti dapat menarik rasa ingin tahu pengguna sebnayak 85% dan dapat meningkatkan hasil pengetahuan kemaritiman dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 65.