PEMODELAN MATEMATIS MOTOR DC EMMS-AS-100-L-HS-RR UNTUK ANALISIS SISTEM KENDALI OTOMATIS

Authors

  • Nanda Rachmad Hidayahtullah Mahasiswa Program Studi Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Keywords:

Sistem Penggerak; Karakteristik Motor; Analisis Kinerja; Parameter Teknik; Simulasi Motor

Abstract

Motor DC banyak digunakan dalam berbagai sistem kendali karena karakternya yang linier dan responsnya yang cepat terhadap perubahan masukan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan matematis motor DC EMMS-AS-100-L-HS-RR dan menganalisis karakteristik dinamiknya untuk keperluan simulasi dan implementasi sistem kendali. Tahapan awal dimulai dengan identifikasi parameter motor dari data teknis yang tersedia, seperti tahanan armatur, induktansi, konstanta torsi, dan momen inersia. Selanjutnya dilakukan transformasi Laplace untuk mendapatkan fungsi alih sistem dalam bentuk orde satu. Fungsi alih ini kemudian dianalisis untuk memperoleh nilai parameter sistem seperti waktu naik, waktu pemuaian, waktu tunak, dan galat steady-state. Hasil simulasi menunjukkan bahwa motor DC tipe ini dapat direpresentasikan sebagai sistem linier orde satu dengan performa yang cukup stabil dan dapat dikendalikan menggunakan pendekatan kontrol klasik. Pemodelan matematis ini juga dapat digunakan sebagai dasar dalam perancangan sistem kendali kecepatan maupun posisi dengan menggunakan kontrol berbasis umpan balik. Selain itu, pendekatan pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini relevan untuk keperluan edukasi dan simulasi dalam bidang teknik kendali, khususnya pada sistem aktuator berbasis motor listrik. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menyediakan acuan awal terhadap pengembangan sistem kendali berbasis motor DC, terutama pada motor tipe EMMS-AS-100-L-HS-RR yang banyak digunakan dalam industri otomasi dan sistem mekatronika.

Downloads

Published

11-12-2025