PEMANFAATAN TERMOELEKTRIK UNTUK PEREDUKSI EMISI DIESEL KONVENSIONAL : STUDI EFEKTIVITAS EKSPERIMEN VARIASI TEGANGAN LISTRIK PADA MODUL PELTIER
Keywords:
Emisi, Ramah Lingkungan, Thermoelectric cooler, Diesel KonvensionalAbstract
Transportasi merupakan sektor vital yang berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan, kendaraan bermotor saat ini merupakan penyumbang utama dari pencemaran udara di Indonesia. Mesin diesel menghadapi tantangan dalam mereduksi opasitas gas buangnya yang mengandung gas berbahaya, hal tersebut menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan khususnya pernapasan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mendesain alat pereduksi emisi gas buang. Penggunaan pemanas bahan bakar dapat mereduksi emisi gas buang pada mesin diesel berbasis Thermo Electric Cooler. Di sisi lain, sistem bahan bakar mesin diesel dapat dimanfaatkan sebagai penyerap panas. Efek dari proses penyerapan panas pada sisi panas TEC tersebut adalah terjadinya peningkatan temperatur pada bahan bakar, sehingga dapat penurunan emisi gas buang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan variasi tegangan listrik (voltase) yang dialirkan dalam modul TEC terhadap perubahan temperatur pada modul peltier dan emisi gas buang yang dihasilkan. Eksperimen menggunakan engine stand diesel konvensional, thermoelectric cooler (TEC- 12706), aluminium heat exchanger, stepdown dan radiator fan Set. Alat ukur yang digunakan yaitu thermocouple type K, thermometer data loger, watt meter dan smoke tester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem ini thermoelectric dapat mencapai temperatur terendah 6,9°C (TEC 1) dan 7,6°C (TEC 2), penurunan opasitas gas buang mencapai 13,8% dengan temperatur 41,5°C. Penerapan sistem thermoelectric cooler yang dimanfaatkan sebagai dual fungsi pendingin dan pereduksi emisi gasbuang terbukti efektif dalam mereduksi emisi pada mesin diesel konvensional. Melihat temperatur pada sisi dingin TEC sangat berpotensi dikembangkan sebagai pendingin dalam teknologi otomotif seperti pendingin kabin mobil, pendingin komponen dan elektronik lainnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Setya Wijayanta, Ananta Salman Hadito, Muhammad Bagas Fu’ad Fauzi, Dendy Dimas Dwi Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

